Dyno test…..power New Vixion unggul dibanding CB150R??….. Januari 14, 2013
Banyak
pertanyaan dilemparkan ke IWB atas hasil dyno Ultraspeed yang diupload
ke Youtube. Sebagai motor turunan engine CBR150R,
hasil tersebut memang
membuat mayoritas biker mengerutkan dahi….doweh bin bengong. Lha koq bisa double cam (DOHC) lebih inferior dibanding SOHC??…..
Kalau kita mengintip video komparasi pengetesan Dyno terlampir….
Dyno test Honda CB150R
Dyno test Yamaha New Vixion
Maka akan diperoleh data bahwa sang CB150R meraih peak power 14.02HP@10.210RPM sementara new Vixion mencapai 14.32HP@8224RPM.
Artinya….dengan putaran mesin yang lebih rendah sideltabox mampu
menyemburkan tenaga hingga 14.32HP atau unggul 0.30HP dibanding sang
kompetitor. Kondisi ini tidak kita jumpai pada StreetFire yang kudu
menginjak putaran lebih tinggi yakni kisaran 10.210RPM hanya untuk
meraih 14.02HP. Sebuah fakta yang memang lumayan mengejutkan.
Sayang…..video tidak menunjukkan secara lengkap grafik pergerakan tenaga
tiap RPM. Sehingga sulit bagi kita menyimpulkan…apakah hasil dyno yang
membikin geger dunia maya tersebut mutlak bisa dijadikan pedoman untuk
melakukan justifikasi bahwa power NVL memang lebih unggul dibanding
CB150R??…..
Dyno adalah alat ukur output power yang
terkenal akurat. Pengetesan lazimnya menggunakan perputaran dari roda
belakang atau biasa disebut on wheel. Sedangkan klaim pabrikan
rata-rata berpatokan pada crankshaft. Maka tidak heran ketika kita
mengukur via roda….output power tidak sebesar data diatas kertas.
Terjadi penurunan akibat lost power dari rantai, pelk dan ban.
So, jika kontennya dari video testing Ultraspeed….sepertinya memang iya.
NVL bisa bertepuk dada mengintimidasi lawan. Angka sekilas yang
terpampang didepan mata menjadi bukti tak terbantahkan….
Namun bukannya meragukan, secara pribadi
IWB belum bisa berkomentar banyak kecuali melihat dengan mata kepala
sendiri proses pengetesan dari awal hingga akhir. Atau…akan lebih mantap
jika komparasi diatas bisa dilakukan oleh beberapa sumber secara
acak….dengan alat Dyno berbeda. Dari situ baru kita bisa menyimpulkan
secara akurat apakah betul power CB150R dibawah NVL…..
Last.…sebagai Blogger yang sudah
mencicipi langsung keduanya…..jujur butuh bukti lebih untuk meyakinkan
serta menggoyahkan feeling sensasi yang masih hangat terpatri dibenak
IWB. Raungan engine pada putaran atas yang pastinya bisa membuat
kerepotan lawan. Data monggo, tapi akan lebih afdol dibuktikan
dilapangan. So pusing melihat data diatas?. Santai wae mzbro. Ben ora
mumet jajal wae keduanya secara langsung. Dijamin makin pening sampeyan
lawong juozz dua-duanya ……(iwb)
0 komentar:
Posting Komentar